Macam-macam Akuntansi

Umumnya akuntansi identik dengan keuangan. Sehingga tidak sedikit masyakarat yang menganggap bahwa akuntansi hanya akuntansi hanya seputar akuntansi keuangan saja. Padahal sebetulnya banyak macam-macam akuntansi yang perlu kita ketahui untuk menambah ilmu dan wawasan. Disamping itu, macam-macam akuntansi juga bisa memberikan pilihan pekerjaan di bidang-bidang akuntansi.

Berikut beberapa macam akuntansi sebagai berikut :

1. Akuntansi Keuangan (General Accounting)
Akuntansi Keuangan merupakan akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan transaksi keuangan dan penyajian laporan keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan yang disajikan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pihak-pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal perusahaan dalam hal pengambilan keputusan.

2. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Akuntansi Manajemen adalah akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan manajemen perusahaan di mana informasi yang dihasilkan berupa informasi kuantitatif dan kualitatif. Informasi kuantitatif adalah informasi keuangan seperti laporan keuangan. Sedangkan informasi kuantitatif adalah informasi yang bukan laporan keuangan seperti perencanaan, program kerja, dsb.

3. Akuntansi Perbankan
Akuntansi Perbankan merupakan akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan operasional dan data keuangan lembaga perbankan yang dilakukan secara sistematis untuk memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan perbankan baik internal maupun eksternal.

4. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)
Akuntansi Pemerikasaan adalah Suatu proses kegiatan pemeriksaan atas transaksi dan laporan keuangan secara bebas dan menyeluruh. Arti bebas dsini adalah pemeriksaan laporan keuangan tersebut untuk mengetahui tingkat kejujuran dan validitas dari laporan keuangan yang telah disusun oleh suatu entitas usaha. Selain memeriksa, auditing ini juga meliputi pemberian pendapat atas kelayakan laporan keuangan suatu perusahaan.

5. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)
Akuntansi Pajak adalah Akuntansi yang berhubungan dengan perhitungan perpajakan. Akuntansi Pajak digunakan untuk menetapkan besar pajak terutang perusahaan. jadi fungsi akuntansi pajak adalah mengolah data kuantitatif uang kemudian digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang berisi tentang perhitungan pajak perusahaan.

6. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang berhubungan dengan pengelolaan biaya perusahaan baik biaya yang sudah terjadi maupun biaya yang masih akan terjadi. Akuntansi ini berfungsi sebagai perencanaan, pengawasan serta pengendalian biaya-biaya pada kegiatan operasional perusahaan.

7. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)
Akuntansi Anggaran adalah akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan keuangan atau anggaran perusahaan dalam suatu periode tertentu di masa datang dan melakukan perbandingan atas anggaran atau rencana yang telah ditetapkan dengan kegiatan usaha yang sebenarnya.

8. Akuntansi Pemerintah (Governmental  Accounting)
Akuntansi Pemerintah adalah akuntansi yang berkaitan dengan aktifitas pemerintah suatu negara. Akuntansi ini termasuk dalam akuntansi untuk lembaga non-profit, artinya akuntansi pemerintah termasuk jenis akuntansi yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyat suatu negara.

9. Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi merupakan bagian khusus dari akuntansi. Sistem ini merupakan bidang akuntansi yang membuat skema perencanaan dan penerapan prosedur untuk dapat mengolah transaksi keuangan menjadi sebuah informasi keuangan.

Dari beberapa macam akuntansi yang telah dijelaskan di atas, masing-masing memiliki poin yang membedakan antara jenis akuntansi satu dengan yang lainya. Semoga dapat dipahami spesialisasi bidang akuntansi berdasarkan profesi dan tujuannya..

No comments:

Post a Comment