Pihak Yang Berkepentingan Dalam Laporan Keuangan & Profesi didalam Akuntansi

Pihak-pihak yang berkepentingan dalam Laporan Keuangan antara lain, pihak Internal dan Pihak Eksternal :

1. Pihak Internal

  • Pihak Manajemen, akan berkepentigan langsung dan sangat membutuhkan informasi keuangan untuk tujuan pengendalian, pengkoordinasian, dan perencanaan usaha suatu perusahaan.
  • Pemilik Peruhsaan, memiliki kepengtingan untuk menganalisis laporan keuangan perusahaannya. Pemilik dapat menilai berhasil atau tidaknya manajemen dalam memimpin perusahaan.
2. Pihak Eksternal

  • Investor, memerlukan analisis laporan keuangan dalam rangka penentuan kebijakan penanaman modal. Bagi investor yang penting adalah tingkat imbalan hasil dari modal yang telah atau akan ditanam dalam suatu perusahaan tersebut.
  • Kreditur, memiliki kepentingan untuk menilai terhadap pembayaran kredit yang telah diberikan kepada perusahaan, dan untuk menganalisis kinerja keuangan jangka pendek (likuiditas), dan profitabilitas dari perusahaan sebelum memberikan pinjaman.
  • Pemerintah, Informasi keuangan suatu perusahaan sangat berguna untuk tujuan perhitungan pajak dan juga oleh lembaga yang lain seperti statistik.
  • Karyawan, mempunyai kepentingan untuk mengetahui seperti apa keuangan perusahaan tempat mereka bekerja apakah berjalan dengan baik atau tidak, karena sumber penghasilan mereka bergantung pada perusahaan yang bersangkutan.
Macam-macam Profesi Akuntansi yang ada di indonesia yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut :

  1. Akuntan Publik, Adalah akuntan yang pada umumnya bekerja dibawah naungan Kantor Akuntan Publik (KAP). Seringkali disebut dengan akuntan eksternal.
  2. Akuntan Internal, Adalah akuntan yang bekerja dibawah naungan perusahaan non-KAP. Biasanya bertugas untuk membantu membuat laporan keuangan internal.
  3. Akuntan Pemerintah, Adalah akuntan yang bekerja di instansi pemerintahan dan sering juga disebut auditor pemerintahan.
  4. Akuntan Pendidik, Adalah akuntan yang mendedikasikan dirinya dalam bidang dunia pendidikan seperti dosen, dll.

Itulah beberpa penjelasan singkat mengenai pihak-pihak yang berkepentingan dalam laporan keuangan dan macam-macam profesi akuntansi. semoga penjelasan diatas dapat memberikan pemahaman yang cukup jelas.

No comments:

Post a Comment