Persamaan Dasar Akuntansi

Sebelum anda mempelajari lebih jauh tentang akuntansi, terlebih dahulu anda harus mengenal tentang Persamaan Dasar Akuntansi.

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi adalah persamaan yang menggambarkan hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga dari dua sisi yaitu antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (passiva) akan selalu dipertahankan keseimbangan nya.

Yang termasuk Aktiva adalah semua harta tetap dan harta tidak tetap, sedangkan Passiva adalah semua hutang dan Modal. Jadi apabila dirumuskan maka seperti ini :

Persamaan Akuntansi
Hutang + Modal = Aktiva
  1. Harta atau asset adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan, contoh nya : Kas, Persedian, Gedung, dll.
  2. Utang adalah kewajiban perusahaan untuk membayar kepada kreditur pada waktu tertentu, contohnya : hutang, surat hutang, hutang obligasi, dll.
  3. Modal adalah hak pemilik atas kekayaan yang dimiliki perusahaan

dari ketiga elemen yang sudah dijelaskan diatas maka ada kaitannya satu dengan yang lain di dalam sebuah hubungan akuntansi yang disebut dengan persamaan akuntansi.

Unsur-unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Dibawah ini adalah unsur-unsur persamaan dasar akuntansi yaitu sebagai berikut :


  1. Asset (Aktiva) : adalah sumber daya yang sudah dimiliki oleh pihak perusahaan sebagai akibat dasri sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu dan di masa yang akan datang.
  2. Hutang ( Liabilities ) : Adalah kewajiban perusahaan yang akan terjadi pada saat ini dan yang timbul dari sebuah peristiwa dimasa lalu, dan proses penyelesaiannya akan membutuhkan sumber daya perusahaan.
  3. Modal ( Ekuitas ) : Adalah sisa dari kepentingan yang ada di dalam aktiva yang sudah sesuai dengan perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban.
  4. Pendapatan ( Revenue ) : Adalah aliran yang masuk atau peningkatan lain atas aktiva atau penurunan dari kewajiban perusahaan sebagai akibat yang terjadi dari aktivitas penyeraha, penjualan, dan pembuatan barang dan jasaatau aktivitas yang lainnya dan yang juga merupakan kegiatan utama yang secara terus menerus dilakukan oleh perusahaan.
  5. Beban ( Expenses ) : Adalah pengeluaran atau penggunaan lain dari aktiva atau peningkatan kewajiban karena ada penyerahan atau pembuatan barang, jasa dan juga melakukan aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama dari sebuah perusahaan.
  6. Prive ( Drawing ) : Adalah pengambilan aset dari perusahaan yang dilakukan oleh pemilik perusahaan yang akan digunakan untuk kepentingan pribadinya.
Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi sangat berguna untuk mengetahui tentang perubahan dari kekayaan dalam perusahaan disetiap transaksi yang terjadi. Selain itu adalah untuk mengetahui beberapa aktiva yang sudah digunakan dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.


Semoga penjelasan diatas tentang persamaan dasar akuntansi dapat dipahami dengan baik dan dapat dipelajari dengan mudah.



No comments:

Post a Comment