Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi sudah menjadi salah satu ilmu yang wajib dimiliki oleh semua orang yang terjun di dunia usaha. Walaupun banyak juga yang belum mengetahuinya namun tidak disadarinya kalau ilmu akuntansi sudah ia kerjakan setiap hari.

Berikut pengertian akuntansi menurut beberapa para ahli :

1. American Accounting Association (AAA)
Akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaianserta keputusan yang benar untuk para pengguna informasi tersebut. Maka dari itu, akuntansi berfungsi sebagai alat analisa data dan transaksi keuangan yang berfungsi untuk proses pengambilan keputusan bagi para pemakainya.
2. American Institute Of Certified Public Accountants ( AICPA )
Akuntansi adalah seni mencatat, penggolongan serta pengikhtisaran dengan cara-cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi serta kejadian yang pada umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasilnya. Ini berarti bahwa akuntansi merupakan seni untuk mencatat, menggolongkan serta menyusun ikhtisar dari kejadian atau transaksi keuangan yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan
.
3. Arnold
Akuntansi adalah suatu sistem yang memberikan informasi bagi siapa saja yang harus membuat keputusan serta mengendalikan penerapan keputusan yang diambil tersebut. Maksudnya yaitu sistem yang memberikan informasi yang penting di bidang keuangan yang bermanfaat bagi para pengambil keputusan sebagai langkah apa yang akan diambil di masa yang akan datang.

4. Financial Accounting Standards Board (FASB)
Akuntansi adalah Standar Akuntansi adalah metode yang seragam untuk menyajikan informasi, sehingga laporan keuangan dari berbagai perusahaan yang berbeda dapat dibandingkan dengan lebih mudah kumpulan konsep, standar, prosedur, metode, konvensi, kebiasaan dan praktik yang dipilih dan dianggap berterima umum.

5.  Charles Thomas Horngren & Walter T. Harrison
Menurut dua orang ini yang dimaksud akuntansi yaitu suatu sistem informasi yang dapat mengukur aktifitas bisnis, memproses data untuk menjadi laporan serta mengkomunikasikan hasilnya bagi para pengambil keputusan.

6. Littleton
Akuntansi adalah melaksanakan perhitungan secara periodic antara biaya dan hasil. Menurut Littleton biaya dianggap sebagai usaha, dan hasil merupakan prestasi. Jadi maksud dari pendapatnya akuntansi adalah perhitungan dengan membandingkan antara biaya dan pencapaian hasil usaha tersebut.

7. Rudianto
Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan kegiatan ekonomi dan keadaan suatu badan usaha tertentu.

8. Frederick D.S. Choi, Gerhard G. Mueller
Akuntansi didefinisikan sebagai suatu proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

Seperti itulah penjelasan mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli yang memang mahir dibidang akuntansi. Sebelum anda mempelajari tentang ilmu akuntansi lebih lanjut maka terlebih dahulu kami sarankan untuk memahami apa yang dimaksud dengan ilmu akuntansi itu? Setelah anda dapat memahaminya maka masih banyak sekali ilmu akuntansi yang harus anda pahami.

No comments:

Post a Comment